Berita Olahraga Bola, UBOcash – Presiden Federasi Sepakbola Kerajaan Spanyol (RFEF), Luis Rubiales, mengungkapkan bahwa pihaknya terpaksa melengserkan Julen Lopetegui dari kursi kepelatihan timnas Spanyol jelang turnamen Piala Dunia 2018 di Rusia.

Spanyol Pecat Lopetegui Sehari Sebelum Pagelaran Piala Dunia 2018 di Rusia

Pasalnya, Lopetegui dipecat sehari sebelum pagelaran Piala Dunia 2018, Jumat (14/6) atau tiga hari sebelum timnas Spanyol menjalani laga debut menghadapi Portugal, Sabtu (16/6).

“Kami ucapkan terima kasih pada Julen untuk semua yang telah dilakukannya, mengingat dia termasuk sosok yang bertanggung jawab membawa kami ke Rusia,” ungkap Rubiales sebagaimana dilansir dari Marca.

“Namun, kami dipaksa untuk memecatnya. Harus ada pesan yang jelas untuk semua pekerja di RFEF, bahwa ada beberapa bentuk tindakan yang harus dipenuhi,” imbuhnya.

Walaupun begitu, Rubiales tak merasa dikhianati Lopetegui yang sudah sepakat untuk melatih Real Madrid. Padahal, pria berusia 51 tahun itu baru saja meneken kontrak baru dengan RFEF hingga 2020 mendatang pada 22 Mei.

“Masalahnya adalah bagaimana mereka melakukan sesuatu hal itu [negosiasi dengan Real Madrid] tanpa melibatkan RFEF, itu hal yang tak bisa kami abaikan,” jelas Rubiales.

Selain menyoroti sikap Lopetegui yang mengabaikan timnas Spanyol, Rubiales juga menuding Direktur Olahraga RFEF, Fernando Hierro, sebagai sosok yang tak bertanggung jawab. Mengingat hal tersebut juga beberapa media mengatakan Hierro akan dilengserkan mengingat masalah ini.

“Apabila ada sosok yang tak bertanggung jawab, maka itu adalah Direktur Olahraga kami,” ungkapnya dilansir AS.

Soal pengganti Julen Lopetegui, RFEF akan mengumumkannya beberapa jam ke depan. Sejauh ini Albert Celades yang merupakan manajer timnas Spanyol U-21 digadang-gadang merupakan calon terdepan.